Apa Sih Sumber Karbohidrat Terbaik bagi Penderita Diabetes?

Published last year in Kesehatan - 0 Comments
sumber karbohidrat untuk diabetes

Bagi seseorang yang menderita diabetes tentunya seringkali dihadapkan pada jenis sumber makanan yang dikonsumsi. Sebab selain kudu selektif dalam memilah makanan juga tujuannya supaya memiliki stabilitas kadar gula darah yang baik. Dengan demikian diharapkan tidak memperparah kondisi diabetesnya.

Nah, dalam kesempatan kali ini saya ingin menulis dari apa yang diperoleh dari literatur, baik buku kesehatan maupun jurnal kesehatan lainnya bahwa salah satu yang perlu diperhatikan adalah pemilihan sumber makanan pokok, yakni karbohidrat.

Di Indonesia sendiri, dari keragaman lokasi dan pulau-pulau di nusantara bisa kita sepakati bahwa sebagian besar penduduk mengkonsumsi nasi, jagung dan kentang sebagai sumber asupan karbohidrat yang kerap dimakan.

Sebelum lebih jauh membahas, perlu dipahami dulu sebuah pakem yang harus Anda tahu bahwa bagi seorang penderita diabetes sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan dengan kadar indeks glikemik yang rendah.

Apa itu Indeks Glikemik (IG)?

Indeks Glikemik merupakan sebuah standar untuk mengukur secepat apa asupan karbohidrat yang dikonsumsi bakal dibuah menjadi glukosa (gula) sebagai sumber energi, dan skalanya diukur dari angka 0-100.

IG ini juga menjadi acuan penting untuk mengetahui seberapa cepat tubuh manusia memproduksi insulin karena karbohidrat yang masuk ke dalam asupan makanannya. Makin rendah nilai IG nya bisa dipastikan semakin kecil pula pengaruhnya untuk meningkatkan insulin yang berpengaruh terhadap perubahan kadar gula darah.

Nah, sekarang mari kita tengok bersama, antara Nasi putih, jagung dan kentang mana yang lebih baik, ataukah ada alternatif lain yang lebih baik khususnya buat penderita diabetes?

Nasi vs Kentang vs Jagung

Sebelum menentukan sumber makanan karbohidrat apa yang paling tepat untuk mereka yang menderita diabetes, sebaiknya perlu diketahui dulu tentang Indeks Glikemik masing-masing sumber makanan pokok tersebut.

sumber karbohidrat untuk diabetes

Inget ya, seperti telah disebutkan sebelumnya semakin tinggi angka IG nya, maka makin tinggi pula potensi untuk melonjakkan kadar gula darah yang tentunya sangat dihindari bagi orang-orang diabetes.

Dilansir dari tabel IG yang saya dapatkan disini, membandingkan dari setiap 150 gram masing-masing sumber bahan pokok tersebut memiliki perbedaan IG, yakni nasi putih sebesar 72, kentang 82 sedangkan jagung sebesar 48.

Dari sumber tersebut juga dikatakan kalau angaka IG diatas 70 dikakan tinggi, 56-69 sedang, dan dibawah 55 bisa dikatakan rendah. Sehingga jika kita telaah bersama dan bandingkan antara nasi, kentang dan jagung yang bisa dikatakan memiliki Indeks Glikemik yang rendah adalah jagung.

Haruskah Makan Jagung bagi Penderita Diabetes?

Dari apa yang kita lihat bersama diatas memang makanan jagung merupakan sumber asupan karbohidrat yang lebih tepat bagi orang yang mengalami gula darah tinggi.

Hal tersebut diperkuat oleh pernyataan Dr. Artemio Salazar, profesor University of Philippines Los Banos, yang mengungkapkan bahwa di dalam jagung terdapat kandungan amilosa yang tinggi dibandingkan beras sehingga serat jagung lebih lambat dicerna yang membuat lonjakan gula darah tidak tinggi.

Lalu pertanyaannya yang berikut adalah apakah seorang yang mengalami diabetes seterusnya harus makan jagung, tidak pernah makan nasi, kentang atau sumber karbohidrat lainnya?

Tentu saja tidak perlu sampai demikian, bagi mereka yang mengalami diabetes intinya adalah menjaga pola makan yang baik agar kadar gula darahnya bisa terkontrol dengan tepat. Sebab jika membiarkan gula darah di dalam tubuh tinggi terus menerus lambat laun akan terjadi komplikasi buruk pada organ tubuh yang bisa membahayakan kesehatan dan jiwa penderita diabetes.

Ada baiknya untuk mengadopsi pola makan secukupnya, kemudian aktif melakukan kegiatan fisik secara seimbang supaya tubuh terus beradapatasi untuk menghasilkan tenaga yang digunakan bagi aktifitas fisik.

Tidak lupa juga untuk mencukupi istirahat 6-8 jam sehari serta utamakan minum air putih dalam kehidupan sehari-hari. Sebaiknya hindari minuman mengandung gula, karena jika Anda belum tahu angka Indeks Glikemik dalam gula pasir adalah 100. Nah loh!

Simak juga video mengenai karbohidrat yang baik atau yang buruk bagi kesehatan di bawah ini:

No comments yet

Leave a Reply: