Mengapa Orang Diabetes Baiknya Makan Nasi Dingin?

Published 10 months ago in Kesehatan - 0 Comments
makan nasi dingin untuk diabetes

Orang yang diabetes terkadang merasa hidupnya serba sulit, terutama dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Pasalnya cukup banyak pantangan dan rambu-rambu yang harus dipahami oleh mereka yang menderita kelainan metabolik satu ini.

Pada umumnya, seorang penderita kadar gula darah tinggi akan disuruh oleh dokter untuk memperhatikan makan makanan yang diasup sehari-hari supaya gula darah tidak meningkat karena menu makan yang salah.

Sebab jika salah dalam memilih asupan pangan malah membuat derita orang yang memiliki diabet bisa semakin parah dengan semakin rusaknya organ vital di dalam tubuh akibat kelainan metabolisme tubuh.

Nah, salah satu sumber pangan yang jamak dihindari penderita diabetes adalah makan nasi, gula ataupun kue-kue manis yang tentu saja memiliki kandungan gula sangat tinggi. Biasanya untuk beberapa hal seperti menghindari gulu atau kue manis sangat mudah dilakukan bagi sebagian besar orang, tapi tidak dengan nasi terutama nasi yang masih hangat dibilang sangat tinggi kadar gulanya.

Melalui tulisan ini saya ingin berbagi informasi mengenai mitos adanya gula yang tinggi atau tidak pada nasi panas, sehingga diluar sana disarankan untuk lebih memilih nasi yang sudah dingin untuk dikonsumsi.

makan nasi dingin untuk diabetes

Diluar sana santer terdengar bahwa jika orang diabet masih makan nasi panas akan sangat beresiko meningkatkan kadar gula darah hingga tak terkontrol. Faktanya menurut pakar kesehatan, antara nasi panas dan nasi dingin memiliki kandungan kalori yang sama, sekitar 175 kalori per 100gr nya.

Namun yang menarik adalah, indeks glikemik dari nasi dingin bakal jauh menurun kalau dibandingkan dengan nasi panas. Nah, dari fakta tersebut membuat nasi dingin akan dicerna lebih lama sekaligus membantu cegah meningkatnya kadar gula darah di waktu yang singkat.

Memang sih, nasi dingin jauh lebih baik ketimbang masih makan nasi yang panas khususnya bagi penderita diabetes, hal tersebut dilihat dari angka indeks glikemiks yang rendah pada nasi dingin.

Namun banyak pakar kesehatan dan nutrisi menyarankan seseorang dengan kadar gula darah yang tinggi untuk mulai membatasi jumlah porsi nasi putihnya ketimbang bingung dengan nasi panas atau dingin yang dimakan.

Sebab dengan melakukan pembatasan makanan yang dimakan maka bisa membantu untuk tidak berlebihan dalam memasukkan kadar gula ke dalam tubuh. Selain pembatasan tersebut perlu juga ditambahkan dengan asupan buah serta sayur mayur guna menambah serat di dalam tubuh, karena serat memiliki peran yang sangat penting dalam pengendalian kadar gula di dalam darah.

Tidak lupa jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan protein dan lemak sehat secara seimbang, seperti makan makanan dengan protein baik dari ayam kampung, tahu, tempe serta mengasup lemak sehat yang berasal dari alpokat, kacang almond dll.

Dengan melakukan pola hidup yang seimbang baik dari asupan makanan maupun aktifitas harian yang teratur niscaya kadar gula dalam darah akan semakin baik dan terkontrol. Mulailah dengan rajin minum air putih yang bagus untuk detoks serta membantu proses metabolisme tubuh dan rajin juga berolahraga ringan supaya otot tubuh bisa berfungsi dan bertumbuh optimal.

Dengan melatih kekuatan otot, maka asupan kelebihan gula dan tenaga akan lebih mudah diserap oleh otot sehingga kadar gula yang tinggi tidak akan terjadi. Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk semakin lebih sehat lagi. Selamat mencoba dan semoga sehat selalu!

No comments yet

Leave a Reply: